Senin, 16 Juni 2014

Solusi murah GPS yang tidak bisa lock di Handset android China (Chip Mediatek)

Selamat malem,
sambil nunggu pertandingan jerman vs portugal, tadi iseng2 nulis solusi untuk HH android china (yang kebanyakan pakai chip mediatek) yang gps-nya ga bisa nge-lock. kasus saya di handset THL-T100s. Dimana saya sudah coba kutak katik configurasi gpsconfig,instal gpsfix, update rom, dll ternyata ga ada hasilnya. setiap saya coba gps-nya selalu tidak nge-lock. saya baca2 di forum luar, memang banyak yang mengeluhkan gps yang tidak berfungsi di hh android china (chip mediatek).
Jadi solusinya di sini adalah menggunakan external gps, dalam hal ini bluetooth gps.
kebetulan lagi browsing di ebay, ketemu barang murah sekali (menurut saya), namanya globalsat bt-359. harganya kalo dikalkulasi ga sampai 200 ribu. saya ga tau kenapa bisa murah, kemungkinan adalah stok lama. masalahnya adalah harga murah itu kalo dikirim ke alamat di amerika, kalo dikirim ke indonesia, ongkirnya mahal. Nah kebetulan ada teman yang balik minggu kemarin, jadi saya sebelumnya sudah minta tolong dibeliin di ebay. saya ga tau kalo di indonesia harganya berapa, kalo ternyata hampir sama, mending beli di indonesia. atau kalo tidak ada yang jual di indonesia, mungkin bisa nitip juga teman atau sodara yang ada di amerika.
so, jangan email saya untuk membeli barang ini, karena saya memang tidak jualan dan tidak punya barangnya selain yang saya pakai ini.
berikut adalah link di ebay tempat saya beli:
goo.gl/vnZLZu

setelah barang sampai ditangan saya. saya langsung buka, ternyata bentuknya cukup minimalis.
 


 
kemudian saya charge dulu sampai penuh (kurang lebih 4 jam), setelah penuh, langsung saya nyalakan dan pairing dengan THL-T100s saya. semua berjalan normal.


langkah berikutnya adalah mendownload sebuah aplikasi untuk menghubungkan hh android dgn gps-nya. nama aplikasinya "bluetooth gps", silakan di search di playstore, aplikasinya legal dan gratis.
setelah selesai diinstal, silakan buka aplikasi bluetooth gps tsb:
 
 
kemudian centang "enable mock GPS Provider" dan tekan "connect"
fungsi "enable mock gps provider" ini adalah untuk mengaktifkan gps external, karena kalo tidak diaktifkan, aplikasi gps akan tetap menggunakan gps internal.
 
 
Silakan tunggu beberapa saat, biasanya dalam hitungan bbrp menit, gps akan lock satelit.


setelah gps berhasil me-lock, saya mencobanya dengan aplikasi gps (dalam hal ini saya coba papago).


setelah aplikasinya terbuka, terlihat di layar, posisi saat ini


kemudian saya cek di menu "gps status"


terlihat sekarang gps status sudah "aktif" (gps now is functioning), sebelum menggunakan bt 359, status gps selalu "is not functioning".

 
sekarang THL-T100s saya sudah bisa menjadi GPS, seperti layaknya Handset android lainnya yang menggunakan chip qualcomm snapdragon.
semoga informasinya bermanfaat.

Tidak ada komentar: